• Tentang UGM
  • Tentang FTP UGM
  • Kanal Pengetahuan UGM
Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada
Fakultas Teknologi Pertanian
Kanal Pengetahuan dan Informasi
  • Tentang Kami
  • E-Learning
    • Menara Ilmu
    • Kuliah Tamu
    • Kuliah Terbuka
    • Continuing Education
  • Riset & Publikasi
    • Penelitian dan Publikasi
    • Pertemuan Ilmiah
    • Dokumentasi Kegiatan
  • Urban Style
    • Berita Populer
    • Gaya Hidup Sehat
  • Kontak Kami
  • Beranda
  • Menara Ilmu
  • Rantai Pasok Beras Berwarna (Pigmented Rice)

Rantai Pasok Beras Berwarna (Pigmented Rice)

  • Menara Ilmu
  • 21 September 2018, 14.02
  • Oleh: admin
  • 0

Beberapa tahun terakhir ini, beras merah dan hitam semakin populer meskipun beras putih merupakan sumber karbohidrat yang paling sering dikonsumsi. Beras merah dan hitam dapat menjadi makanan alternatif bagi penderita diabetes dan orang-orang yang ingin mengurangi risiko karena indeks glikemik yang rendah. Karena itulah permintaan beras merah dan hitam di Yogyakarta terus meningkat, sementara ketersediaan beras merah dan beras hitam di retail moderen dan pasar tradisional menjadi salah satu penandanya.

beras-merah-dan-beras-hitam
Gambar 1 Beras merah dan beras hitam Sumber: http://ekafarm.id/beras-hitam-atau-beras-merah/

Pertumbuhan pasar beras berwarna sendiri sangat dipengaruhi oleh para pelaku yang terlibat di dalamnya. Serangkaian aktivitas bernilai yang dilakukan oleh para pelaku yang terlibat dalam bisnis yang diberikan pada bahan baku hingga menjadi produk dan sampai di tangan konsumen membentuk rantai nilai. Rantai nilai (value chain) adalah serangkaian hubungan aktivitas penciptaan nilai mulai dari bahan mentah sampai dengan tahap pembuangan produk akhir oleh konsumen akhir dan mungkin juga berlanjut sampai dengan daur ulang dan penciptaan value chain yang baru. Jadi value adalah konversi manfaat atau nilai dari produk dalam satuan uang. Semakin tinggi value dari barang dan jasa semakin besar kesediaan seseorang untuk membayarnya. Oleh sebab itu, kunci sukses dalam berkompetisi adalah dengan secara terus menerus membangun value bagi konsumen dengan kata lain, perusahaan harus berorientasi konsumen atau customer center.

Dalam bisnis beras merah dan hitam, ada 5 pelaku yang terlibat, yaitu petani, kelompok tani, asosiasi kelompok tani, distributor, dan pengecer. Kelima pelaku ini membentuk 5 rantai nilai untuk beras merah dan 4 rantai nilai untuk beras hitam. Kegiatan utamanya adalahmenanam padi, memanen, dan menyuling, memilah, mengemas, dan menjual. Kinerja beras berpigmen adalah sebagai berikut: pada rantai nilai beras merah, petani mendapatkan keuntungan tertinggi dalam setiap rantai, kecuali pada rantai yang asosiasi kelompok petani yang terlibat di dalamnya; margin pemasaran terbesar pada rantai yang ada petani – asosiasi kelompok petani – pengecer – pengguna akhir penggunaan. Pada rantai nilai beras hitam, petani mendapatkan untung tertinggi di setiap rantai, kecuali pada rantai yang melibatkan kelompok petani di dalamnya; margin pemasaran terbesar pada rantai yang ada petani – kelompok petani – distributor – pengecer – pengguna akhir penggunaan. Dan kedua rantai nilai dari beras merah dan hitam, pangsa petani tertinggi diperoleh pada rantai yang ada petani – distributor – konsumen pengguna akhir.

jaringan-pemasaran-beras-berwarna
Gambar 2 Jaringan Pemasaran Beras Berwarna

Pada kinerja rantai nilai beras merah, petani memperoleh laba tertinggi di setiap rantai, kecuali pada rantai yang gapoktan terlibat di dalamnya sedangkan pada rantai nilai beras hitam, petani memperoleh laba tertinggi di setiap rantai, kecuali pada rantai yang kelompok tani terlibat di dalamnya. Pada kedua rantai nilai, beras merah dan hitam, bagian harga yang diterima petani tertinggi pada rantai petani-distributor.

 

Referensi:

Anindita, K. P., 2016. Analisis Rantai Nilai Beras Berwarna (Studi Kasus di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta), Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Mildawati, Titik. 2006. Pemberdayaan Koperasi melalui Value Chain untuk Menciptakan Keunggulan Bersaing. Dalam Jurnal EKUITAS ISSN 1411-0393 Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya.

 

(Shafira Wuryandani)

Related posts:

KAJIAN KINERJA PENGELOLAAN IRIGASI PADA PERKUMPULAN PETANI PEMAKAI AIR (P3A) UNTUK MENINGKATKAN PELA...

TENTANG MANUSIA PURBA DAN SUMBERDAYA ALAM DI INDONESIA

Perancangan Sistem Informasi Kebutuhan Dosis Pupuk Berbasis Web Di Kebun Buah Nawungan Selopamioro K...

Makalah – Gasifikasi Tandan Kosong Kelapa Sawit Menggunakan Updraft Gasifier

Recent Posts

  • Minyak Sawit: Dibenci tapi Dirindukan
  • Kalene Resik Panene Apik – Sarasehan Gerakan irigasi Bersih Daerah Isimewa Yogyakarta
  • Evaluasi Standar Teknis Embung Pertanian
  • Menara Ilmu Irigasi Memperoleh Penghargaan dari Rektor Universitas Gadjah Mada
  • Pengelolaan Irigasi dan Pengukuran Debit – Workshop untuk Petugas Operasi Bendung Kabupaten Bantul

Categories

  • Berita Populer
  • Biografi
  • Continuing Education
  • Dokumentasi Kegiatan
  • Gaya Hidup Sehat
  • Kuliah Tamu
  • Kuliah Terbuka
  • Menara Ilmu
  • Penelitian dan Publikasi
  • Pertemuan Ilmiah

Menara Ilmu

  • Gasifikasi Biomassa
  • Keamanan Pangan
  • Komentar di:
  • Makanan Fermentasi
  • Makanan Tradisional Sehat
  • Manajemen Irigasi
  • Manajemen Sumber Daya Alam Tropis
  • Pangan Fungsional
  • Smart Farming
  • Supply Chain
  • Teknik Pascapanen
  • Teknik Pengeringan
  • Teknologi Mesin & Alat Pengolah Kakao-Cokelat

Social Media

  • Kanal Pengetahuan FTP on Youtube
Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada
Fakultas Teknologi Pertanian
Kanal Pengetahuan dan Informasi

Jl. Flora No. 1 Bulaksumur
Sleman, Yogyakarta 55281
(+62 274) 589797
kanal.tp@ugm.ac.id

E-Learning

  • Menara Ilmu
  • Kuliah Tamu
  • Kuliah Terbuka
  • Continuing Education

Riset dan Publikasi

  • Penelitian dan Publikasi
  • Pertemuan Ilmiah
  • Dokumentasi Kegiatan

Urban Style

  • Gaya Hidup Sehat
  • Berita Populer

Social Media

instagram facebook youtube

© 2023 Fakultas Teknologi Pertanian UGM

KontributorPeta SitusKebijakan Privasi

KEBIJAKAN PRIVASI/PRIVACY POLICY

[EN] We use cookies to help our viewer get the best experience on our website. -- [ID] Kami menggunakan cookie untuk membantu pengunjung kami mendapatkan pengalaman terbaik di situs web kami.I Agree / Saya Setuju