• Tentang UGM
  • Tentang FTP UGM
  • Kanal Pengetahuan UGM
Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada
Fakultas Teknologi Pertanian
Kanal Pengetahuan dan Informasi
  • Tentang Kami
  • E-Learning
    • Menara Ilmu
    • Kuliah Tamu
    • Kuliah Terbuka
    • Continuing Education
  • Riset & Publikasi
    • Penelitian dan Publikasi
    • Pertemuan Ilmiah
    • Dokumentasi Kegiatan
  • Urban Style
    • Berita Populer
    • Gaya Hidup Sehat
  • Kontak Kami
  • Beranda
  • Menara Ilmu
  • Mendongkrak Branding Beras Sleman dengan Mengoptimalkan Manajemen Rantai Pasok

Mendongkrak Branding Beras Sleman dengan Mengoptimalkan Manajemen Rantai Pasok

  • Menara Ilmu
  • 21 September 2018, 13.56
  • Oleh: admin
  • 0

Beras Sleman merupakan branding beras asli Kabupaten Sleman yang tengah digaungkan oleh pemerintah kabupaten terkait. Hal tersebut dilakukan bukan tanpa sebab, saat ini beras asal Sleman tidak sedikit yang dijual keluar daerah Sleman yang kemudian dikemas dan dijual kembali di wilayah Sleman. Produk lokal Sleman antara lain adalah beras hitam (Sembada Hitam), beras merah (Sembada Merah), menthik, dan beras lokal lain seperti rojolele. Beras yang dihasilkan oleh petani Sleman umumnya merupakan beras kualitas premium namun dijual curah tanpa brand atau dijual dalam bentuk gabah kering.

sawah-padi-hitam
Gambar 1. Sawah padi hitam di Sleman
Sumber: Dokumen pribadi

Pemasaran beras erat kaitannya dengan rantai pasokan, dimana rantai pasok produk pertanian termasuk kompleks. Kompleksitas tersebut semakin rumit pada komoditas pertanian yang secara alamiah memiliki keterbatasan yaitu mudah rusak, kamba, sumber tersebar, volume panen umumnya kecil dan musiman. Oleh karenanya manajemen rantai pasok beras harus selalu dipantau, baik oleh para pelakunya maupun pemerintah selaku pemegang regulasi. Manajemen rantai pasok merupakan upaya pendekatan dalam mengelola rantai pasok yang mencakup aspek aliran material, informasi, dan uang.

kegiatan-expo-beras
Gambar 1. Kegiatan Expo Beras Sleman Sumber : jogja.tribunnews.com

Chopra dan Meindl (2007) menjelaskan bahwa rantai pasok memiliki sifat yang dinamis namun melibatkan tiga aliran konstan yaitu :

  1. Aliran material, merupakan aliran barang dari hulu (upstream) ke hilir (downstream). Aliran fisik yang dimaksud merupakan aliran material ataupun produk mulai dari bahan baku (supplier) hingga menjadi produk (konsumen). Dalam hal ini material adalah beras.
  2. Aliran informasi, merupakan aliran yang terjadi baik dari hulu ke hilir maupun sebaliknya dari hilir ke hulu. Informasi yang mengalir merupakan informasi yang berkaitan dengan harga bahan baku, harga produk, stok bahan baku, jumlah pemesanan (order), jadwal pengiriman, data penjulan maupun informasi terkait pemasaran produk.
  3. Aliran uang adalah perpindahan uang yang mengalir dari hilir (downstream) ke hulu (upstream). Aliran pembayaran yang terjadi meliputi aliran uang, tagihan (invoice), penetanpan harga (pricing) dan credit terms flow yang mengalir dari kosumen hingga ke supplier.

Kegiatan branding harus dimulai dari produsen yaitu petani serta pelaku agroindustri untuk selalu mencantumkan logo Beras Sleman. Upaya branding dapat dilakukan dengan cara melakukan kerjasama dengan pihak ritel untuk memperkuat branding. Kerjasama dengan ritel juga akan memperpendek jalur distribusi dan pengolahan beras. Selain itu dengan mengadakan kerjasama kontrak dengan pihak ritel dapat meningkatkan harga jual yang lebih tinggi, meningkatkan wawasan petani tentang manajemen bisnis dan pengelolaan produksi. Manajemen rantai pasok dilakukan untuk mendapatkan solusi optimal yang berdampak pada biaya rantai pasok dalam proses menyalurkan barang dan jasanya kepada pelanggan. Dengan selalu diperhatikannya manajemen rantai pasok diharapkan branding terhadap Beras Sleman akan mudah diterima oleh pelanggan serta dapat meningkatkan kesejahteraan semua pihak yang terlibat.

References

Chopra, S., and Mendl, P. 2007. Supply Chain Management: Strategy, Planning, and Operation [Third Edition]. New Jersey: Prentica Hall.

Aprita, Alexandra. Kerjasama Retail, Cara Pemkab Sleman Perkuat Branding Beras Hasil Produksinya, http://jogja.tribunnews.com/2018/09/10/kerjasama-retail-cara-pemkab-sleman-perkuat-branding-beras-hasil-produksinya.

Related posts:

Sistem Rantai Pasok Terpadu Solusi untuk Ketimpangan Pasokan Kedelai (Glycine Max (L.) Merr.) di In...

Apa itu Makanan Fermentasi?

Bubuk Buah Tomat dengan Spray Dryer

Operasi Irigasi Menghadapi Musim Kemarau – Materi Paparan pada Sidang Komisi Irigasi Kabupaten Bantu...

Recent Posts

  • Minyak Sawit: Dibenci tapi Dirindukan
  • Kalene Resik Panene Apik – Sarasehan Gerakan irigasi Bersih Daerah Isimewa Yogyakarta
  • Evaluasi Standar Teknis Embung Pertanian
  • Menara Ilmu Irigasi Memperoleh Penghargaan dari Rektor Universitas Gadjah Mada
  • Pengelolaan Irigasi dan Pengukuran Debit – Workshop untuk Petugas Operasi Bendung Kabupaten Bantul

Categories

  • Berita Populer
  • Biografi
  • Continuing Education
  • Dokumentasi Kegiatan
  • Gaya Hidup Sehat
  • Kuliah Tamu
  • Kuliah Terbuka
  • Menara Ilmu
  • Penelitian dan Publikasi
  • Pertemuan Ilmiah

Menara Ilmu

  • Gasifikasi Biomassa
  • Keamanan Pangan
  • Komentar di:
  • Makanan Fermentasi
  • Makanan Tradisional Sehat
  • Manajemen Irigasi
  • Manajemen Sumber Daya Alam Tropis
  • Pangan Fungsional
  • Smart Farming
  • Supply Chain
  • Teknik Pascapanen
  • Teknik Pengeringan
  • Teknologi Mesin & Alat Pengolah Kakao-Cokelat

Social Media

  • Kanal Pengetahuan FTP on Youtube
Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada
Fakultas Teknologi Pertanian
Kanal Pengetahuan dan Informasi

Jl. Flora No. 1 Bulaksumur
Sleman, Yogyakarta 55281
(+62 274) 589797
kanal.tp@ugm.ac.id

E-Learning

  • Menara Ilmu
  • Kuliah Tamu
  • Kuliah Terbuka
  • Continuing Education

Riset dan Publikasi

  • Penelitian dan Publikasi
  • Pertemuan Ilmiah
  • Dokumentasi Kegiatan

Urban Style

  • Gaya Hidup Sehat
  • Berita Populer

Social Media

instagram facebook youtube

© 2023 Fakultas Teknologi Pertanian UGM

KontributorPeta SitusKebijakan Privasi

KEBIJAKAN PRIVASI/PRIVACY POLICY

[EN] We use cookies to help our viewer get the best experience on our website. -- [ID] Kami menggunakan cookie untuk membantu pengunjung kami mendapatkan pengalaman terbaik di situs web kami.I Agree / Saya Setuju